Headlines News :

Mei, Gubernur Akan Menerima Gelar Adat Kerinci

MerdekaPost | Minggu, 04 Maret 2012

Hasan Basri Agus (HBA)
Berjanji Siap Lestarikan Adat


MERDEKAPOST.COM, JAMBI - Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) yang akan menerima gelar adat dari Desa Sumurup, sebuah kawasan di kabupaten Kerinci yang kaya akan potensi wisata dan budaya, berjanji akan terus melestarikan adat istiadat. Janjinya ini bukan hanya untuk kabupaten Kerinci, namun untuk adat istiadat di seluruh kabupaten/kota, Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

“Saya akan terus berupaya melestarikan adat istiadat yang ada di kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi,” ucapnya. Hanya saja, gelar adat yang akan diterima gubernur Jambi, masih dirahasiakan. 


Gubernur juga mengatakan cukup banyak adat istiadat yang perlu diperhatikan, seperti potensi yang dimiliki Kabupaten Kerinci adalah budaya, seperti juga kenduri seko ini, kemudian pariwisata dan home industry yang dihasilkan masyarakat. 


Menurut gubernur lagi, kenduri seko tersebut sangat khas di Kabupaten Kerinci bahkan mungkin tidak ada di daerah lain di Indonesia. Karena itu, Desa Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, yang memiliki kebiasaan melaksanakan kenduri seko setiap lima tahun sekali perlu dilestarikan. Menurutnya, potensi ini bahkan bisa dijadikan objek pariwisata yang menarik. Karena itu ia meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi untuk mengundang wisatawan asing pada acara tersebut. 

Gubernur juga berjanji, selaku Ketua Dewan Pembina Lembaga Adat Melayu Jambi, akan datang pada acara tersebut. Apalagi, dia sudah dijemput dengan sekapur sirih oleh tokoh adat. “Itu artinya mengundang dalam suatu acara dan sirihnya telah kita makan, maka bila tidak ada aral melintang yang benar-benar menghalangi, maka kita akan datang,” ucap gubernur. 


Menurut gubernur, dirinya siap menerima gelar adat ini jika masyarakat setuju. Pemberian gelar merupakan penghargaan dari tokoh adat dan masyarakat.  “Jadi bagaimana masyarakat dan tokoh adat Desa Semurup yang akan memberikan, jika diberikan saya tentunya siap menerima penghargaan tersebut,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kenduri Seko Desa Semurup, H.M Matjenalis mengatakan, sudah melaksanakan tradisi ini sejak turun temurun, setiap lima tahun sekali. “Kami masyarakat adat Desa Semurup telah sepakat dalam musyawarah mengharapkan kehadiran Gubernur, sekaligus dapat menerima gelar adat Desa Semurup dimaksud,” ujarnya, ketika menyerahkan selemak semanis, di rumah dinas gubernur Jambi, Kamis lalu. Menurut dia, pemberian gelar adat ini sudah disepakati dari tigo lurah (tiga lurah), 25 Desa, dengan jumlah penduduk 22.000 jiwa. Pihaknya tetap memegang teguh adat yang telah berlaku sejak turun temurun dan untuk tahun ini akan dilaksanakan pada bulan Mei 2012 ini dan menyesuaikan jadwal kunjungan gubernur. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net