Headlines News :

Siapa yang Bakal Jadi Penghuni Perdana Rutan KPK?

MerdekaPost | Senin, 20 Februari 2012


Salah satu kamar di Rutan KPK

MERDEKAPOST.COM, JAKARTA - Pembangunan Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera rampung. Diperkirakan, dalam waktu kurang dari sebulan lagi, Rutan tersebut sudah bisa dihuni tahanan KPK.

Tak lama lagi, rutan tersebut sudah bisa dipergunakan. Siapa tahanan yang akan menjadi penghuni perdana?

Sebelum dipergunakan, KPK memberi kesempatan kepada wartawan untuk melihat langsung Rutan yang lokasinya berada di basement gedung KPK.

Lokasi rutan berdampingan dengan ruang parkir kendaraan yang biasa ditempatkan para deputi dan pimpinan KPK. Meski berada di basement dan selama ini untuk parkiran, pengamanannya sangat ketat. Untuk masuk ke basement tersebut tidak sembarangan orang bisa masuk. Harus memakai sebuah kartu akses untuk memasukinya.

Meski terbilang kotor, namun pada dinding-dinding basement tersebut tertulis sebuah coretan-coretan sebuah karya seni yang menyimbolkan antikorupsi.

Melangkah lebih jauh, terpampang sebuah jeruji besi layaknya sebuah rutan di sisi kanan basement. Inilah Rutan KPK yang dulu sempat digunakan sebagai gudang penyimpanan barang. Kini ruangan tersebut telah terbangun Rutan yang cukup untuk menampung sejumlah tahanan.

Rutan hanya memiliki satu akses pintu masuk dengan lebar sekitar 2x1 meter berlapis teralis besi. Ketika melewati pintu ini terdapat lorong jalan hingga 5 meter ke depan menuju pos penjaga Rutan.
Pengamatan Tribunnews.com, lorong ini sedikit berliku jalannya karena sedikit termakan dinding bangunan kantor yang berdiri di atasnya.

Sesampai di pos penjaga, tepat di depan dan sampingnya ada sebuah kamar atau sel yang sudah tertulis nomor-nomor kamar 1-5. Seperti layaknya sebuah rutan, pintu kamar juga dilapisi sebuah teralis besi.

Namun, saat ini baru terbangun 3 kamar tahanan. Kamar mandi juga telah dibangun. Jumlahnya ada 3 dan berada di luar kamar tahanan.

Di tempat pos penjaga terdapat sebuah televisi yang rencananya akan dipasang sebuah alat monitor atau biasa di sebut CCTV. Dengan jumlah kursi penjaga sebanyak dua buah.
Di sisi kanannya juga terdapat dispenser air minum, televisi untuk tahanan, dan satu buah kipas angin.

Meski berada di sebuah basement, namun, kondisi dalam rutan cukup bersih. Misalnya toilet rutan ini. Meski hanya seukuran 2x1 meter, toilet tersebut lumayan bersih di dalamnya. Dengan fasilitas westafel untuk pencuci tangan, di dalam toilet juga terdapat bak mandi dan sebuah shower, yang terkesan jauh berbeda dengan fasilitas toilet rutan-rutan di luar KPK.
Di kamar tahanan, masing-masing seluas 3,1 x 3,5 meter dengan tinggi mencapai 2 meter. Di dalamnya terdapat sebuah fasilitas yang cukup hanya menampung satu orang tahanan saja dalam tiap kamar.

Apa saja fasilitasnya? Di tiap kamar, terdapat sebuah tempat tidur kayu dengan tinggi 40 cm. Di atasnya dilapisi kasur busa setebal 15 cm dengan seprai berwarna putih yang membalutnya. Sebagai alas kepala, juga diberi satu buah bantal busa setiap kamar. Selain itu juga disediakan sebuah lemari penyimpan pakaian dan obat yang berukuran 30x20 cm di lantai yang berkeramik putih itu. Lemari tersebut, cukup untuk menampung pakaian seadanya. Dan sebagai pengingat waktu, juga disediakan sebuah jam dinding pada setiap kamar.

Rencananya, KPK akan memasang sebuah exhaust fan di tiap kamar tahanan. Hal itu untuk menetralisir jika adanya debu yang berasal dari ruang parkir basement luar rutan.
Di luar rutan, KPK juga membangun sebuah ruang kunjungan. Tidak terdapat di basement, tetapi ruang kunjungan tersebut berada di dekat ruang parkir barat KPK. Saat, ini ruang tersebut masih dalam tahap proses pengerjaan bersama satu buah kantin pengunjung. (COE/ANT)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net