Headlines News :

Candra Posisi Teratas Calon Sekda Kota Sungaipenuh

MerdekaPost | Rabu, 29 Februari 2012

JAMBI, MERDEKAPOST.COM – Tidak lama lagi sekretaris daerah (Sekda) Kota Sungaipenuh akan segera ditetapkan. Sekda Provinsi Jambi, Syahrasaddin mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test pada tiga calon Sekda yang diajukan pemerintah setempat. 

“Sudah kita lakukan tesnya, bahkan sudah ada hasilnya. Tesnya kita lakukan Jumat (24/2) lalu,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, kemarin. 

Menurut dia, dari tiga calon yang diajukan tersebut sudah ada hasilnya. Dua diantara calon itu yakni bernama Candra Purnama dan Ediyanto. 

“Nah  untuk posisi teratas yakni ditempati Candra, kemudian posisi kedua Ediyanto dan satu lagi saya lupa,” ujarnya. Hasil tes kelayakan dan kepatutan tersebut, akan segera diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapat persetujuan. Tiga nama yang diajukan sudah ditempatkan sesuai rangkingnya. Namun Syahrasaddin enggan menyebutkan siapa yang lebih pantas untuk duduk sebagai Sekda tersebut. “Yang jelas sesuai dengan rangking kita ajukan,” ujarnya.  


Dari penjelasan sebelumnya, Sekda menyebutkan untuk proses di Kemendagri biasanya hanya memakan waktu paling lama dua minggu, setelah itu nama yang sudah disahkan dikirim lagi ke Pemprov Jambi dan kemudian diteruskan ke kabupaten yang bersangkutan untuk dilantik. 

Untuk materi uji, antara lain sesuai tugas, pokok dan fungsi Sekda. Lalu terkait visi dan misinya walikota/wakil walikota. Kemudian juga terkait masalah pengelola keuangan daerah. Karena nanti dia akan jadi ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). 


Selain itu, juga dipertanyakan terkait jabatan Sekda selaku Ketua Baperjakat dan ketua program legilslasi daerah (Prolegda). Kemudian, masalah teknis kepegawaian dan lainnya. Menurut Syahrasaddin, dalam penilaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Sekda ini ada dua aspek penilaian, yakni kecukupan persyaratan administrasi dan kompentensi atau kemampuan yang bersangkutan secara intelektual. (skt)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net