Headlines News :

Sejumlah Desa Layak Dimekarkan

MerdekaPost | Minggu, 14 Agustus 2011

RIMBO BUJANG, MP – Beberapa desa di Kecamatan Rimbo Bujang dan Rimbo Ulu, dinilai telah mendukung untuk dilakukan pemekaran. Pernyataan tersebut disampaikan Suyadi, Sekcam Rimbo Ulu.



“Kalau melihat dari keadaan desa-desa yang ada di Kecamatan Rimbo Ulu dan kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, sudah layak untuk dimekarkan,” terang Suyadi, kepada harian ini, kemarin.



Menurutnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa, disebutkan bahwa syarat minimal pemekaran desa yaitu 1.000 jiwa atau 200 Kepala Keluarga (KK).



Seperti di Kelurahan Wirotho Agung, jumlah penduduknya sudah mencapai di atas 10.000 jiwa. Jika dikaitkan dengan jumlah penduduk Kelurahan Wirotho Agung yang mencapai 10.000 jiwa lebih, maka rasionalisasinya kelurahan ini bisa dipecah minimal menjadi dua desa.



Kemudian, di Desa Wanareja, Kecamatan Rimbo Ulu, sebenarnya pihak Desa Wanareja sudah mengusulkan untuk dilakukan pemekaran yang rencananya diusulkan akan menjadi dua desa. Namun, usulan pemekaran desa dimana jumlah penduduk Desa Wanareja sudah masuk dalam kriteria untuk pemekaran desa, belum ada respon dari pemerintah kabupaten.



Kemudian, Desa Suka Damai sudah lama diusulkan untuk menjadi kelurahan, karena Desa Suka Damai adalah Ibu Kota Kecamatan Rimbo Ulu. Usulan yang telah lama diajukan itu juga belum ada tindakan dari pemerintah kabupaten.



“Usulan sudah diajukan, mungkin usulan itu sedang dalam proses,”kata Suyadi lagi.

Namun disayangkan Suyadi, justru ada desa lain yang dimekaran, padahal tergolong kurang masuk kriteria. Padahal, usulan pemekaran desa di kecamatan lainnya yang sudah definitif itu, pengajuan usulannya ke kabupaten serempak dengan desa-desa yang ada di Rimbo Ulu.



“Sedangkan desa yang ada di Rimbo Bujang dan Rimbo Ulu sampai sekarang belum ada disetujui untuk dilakukan pemekaran. Padahal kalau masalah kriteria, desa-desa tersebut sudah masuk dalam syarat,”Kata Suyadi. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net