Headlines News :

Pohon Tua Tumbang di Pasar Beduk Muara Tebo

MerdekaPost | Sabtu, 06 Agustus 2011

Warga terlihat sibuk membersihkan dahan-dahan pohon yang
menimpa satu unit mobil jenis Isuzu Panther (F.doc/MP)

Dua Unit Mobil Rusak, Satu Korban Luka-luka

MUARA TEBO – Jum,at (5/8) sekitar pukul 16.30 WIB sore Warga Pasar Muara Tebo yang sedang asyik berbelanja dipasar Beduk dihebohkan oleh tumbangnya pohon tembesu tua yang berada di pinggir lapangan Garuda Muara Tebo atau tepat dilokasi Pasar Beduk Pemkab Tebo.

Pohon tembesu yang diperkirakan telah berumur ratusan tahun atau menurut informasi dari warga sekitar telah ada sejak zaman belanda dulu, tiba-tiba roboh tanpa ada hujan atau angin, bahkan pohon yang memang sebagian dahan dan rantingnya sudah terlihat mati dan lapuk tumbang pada saat-saat warga sedang ramai berbelanja dilokasi pasar beduk yang berjarak sekitar 5 meter dari batang pohon tersebut.

Namun, masih untung pohon dengan diameter batang sekitar 1,5 meter dan panjang keseluruhan diperkirakan sekitar 25 meter itu tumbang mengarah ke jalan dan tidak kearah lokasi pasar beduk yang sedang ramai baik pedagang maupun pembelinya pada Jum’at sore itu.

Seperti diungkapkan oleh Nurul yang kebetulan berada dilokasi kejadian, dikatakannya, “Masih untung pohon besar ini tumbangnya kearah jalan, coba kalau sempat tumbang kearah tenda-tenda pasar beduk, mungkin tidak terbayangkan berapa korban jiwa yang berjatuhan, kebetulan pada saat itu warga sedang ramai berbelanja untuk kebutuhan buka puasa.

Dijelaskannya lagi, Ada dua mobil yang tertimpa kayu yaitu satu unit mobil isuzu panther rusak berat karena tertimbun dahan-dahan pohon dan satu lagi mobil minibus merk Suzuki Carry rusak ringan. Bahkan, didalam mobil Carry minibus ada ibu-ibu yang sedang duduk dibagian belakang, namun, untungnya dahan-dahan dari kayu yang tumbang hanya mengenai bagian depan mobil sehingga ibu-ibu tersebut tidak apa-apa, dan terlihat hanya mengalami trauma yang mungkin dikarenakan terkejut.

Informasi lain yang berhasil dihimpun dari lokasi kejadian, bahwa ada korban luka-luka satu orang yaitu tukang ojek berinisial AR (50), dia mengalami luka dibagian wajah diduga akibat terkena hantaman dahan atau ranting pohon, dan korban selanjutnya langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan mobil dinas dokter gigi yang kebetulan rumahnya berdekatan dengan lokasi kejadian.

Sampai menjelang waktu magrib atau berbuka puasa warga terlihat masih sibuk membersihkan cabang-cabang dan dahan pohon yang secara keseluruhan menutupi jalan umum dilokasi kejadian, dan arus lalu lintas terpaksa dialihkan kearah belakang kantor Bank Jambi menuju pasar tanggo rajo Muara Tebo atau melalui jalan komplek benteng lama disamping kiri lapangan garuda.

Bupati Tebo H. Haviz Husaini setelah mendengar kejadian tersebut, malamnya Sekitar pukul 09.30 atau setelah shalat tarawih langsung turun kelokasi didampingi oleh Kapolres Tebo AKBP Drs. M. Arifin, SIK. Bupati meminta kepada pemuda setempat didampingi dinas Tata Kota dan Dinas Pasar dan Pertamanan untuk segera membersihkan lokasi, sebab, dengan tumbangnya pohon tersebut maka secara otomatis membuat jalur lalu lintas sementara terpaksa ditutup.

Setelah beberapa saat berada dilokasi kejadian, Bupati dan kapolres Tebo langsung menuju Rumah Sakit umum STS muara Tebo untuk melihat secara langsung korban yang dirawat di Rumah Sakit tersebut dan Bupati berpesan kepada dokter yang merawat korban agar betul-betul memperhatikan dan mengontrol kondisi korban terutama dibagian sekitar mata korban yang terlihat sembab dan tadinya sempat mengeluarkan darah.

Sementara itu, Tokoh masyarakat setempat, H. Nurizah atau biasa dipanggil Pak Cik Wi kepada Koran ini menyebutkan bahwa kedepan hendaknya pemerintah melalui dinas terkait agar lebih memperhatikan dan mengecek keberadaan pohon-pohon tua yang berada disekitar lapangan garuda dan begitu juga yang ada di sekitar jalan menuju rumah dinas Kapolres Tebo dan kantor Camat lama. Hal ini menurutnya agar kejadian serupa tidak terulang lagi. (her)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net