Headlines News :

Pemberian Merk Pemkab Tebo Jadi Solusi Penyalahgunaan Mobnas

MerdekaPost | Kamis, 07 Juli 2011

Mobil Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tebo
yang sudah dipasangi Merk (doc/MP/TB)

Dishub Tebo Perlu Acungan Jempol

MUARA TEBO – Seringnya ditemui mobil dinas (mobnas) yang dijadikan mobil pribadi dan digunakan untuk kepentingan pribadi bagi oknum kepala dinas, camat dan pejabat dilingkungan Pemkab Tebo diharapkan menjadi perhatian serius dari Bupati Tebo H. Havis Husaini. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh masyarakat yang menyebutkan bahwa mereka seringkali melihat mobil dinas plat merah dijadikan oknum pejabat untuk melakukan pekerjaan atau aktifitas pribadi, bahkan diantaranya ada yang mengganti plat (nomor polisi) yang seharusnya merah menjadi plat hitam.

Selain itu, kebiasaan para pejabat Tebo yang setiap hari Jum’at sore berangkat menuju kota Jambi dengan berbagai keperluan juga menggunakan mobil dinas, padahal itu merupakan kepentingan pribadi atau keluarga, modus yang sering ditemui, mereka mengganti plat merah menjadi plat hitam. Hal ini tentu saja merugikan Negara jika telah menjadi rutinitas setiap minggunya dan dinilai tidak efisien dan terjadi pemborosan.

Sebagaimana diungkapkan oleh salah seorang warga Tebo, Suardi, dia menyebutkan bahwa pada setiap jum’at atau bahkan Kamis sore pada setiap minggunya sudah banyak pejabat Tebo yang mendapatkan jatah mobil dinas berangkat dari Muara Tebo menuju Kota Jambi. Ini adalah penyalahgunaan dan merupakan suatu pemborosan anggaran.

Dikatakannya, Jika kita hitung-hitung, para pejabat yang berulang dari jambi ke Kabupaten Tebo dengan memakai fasilitas mobnas, mereka telah melakukan pemborosan. Sebab, seharusnya ban yang mereka gunakan itu bisa tahan selama setahun, malah akan lebih cepat menjadi gundul dan saya yakin betul mereka mengganti ban dan servis segala macamnya menggunakan dana atau anggaran dari dinasnya, baik itu untuk pemeliharaan maupun penggantian alat-alat (spare part) mobnas tersebut, inikan namanya pemborosan.

Kemudian, lebih parahnya lagi, lanjut Suardi, kelakuan dari beberapa oknum pejabat, malah mereka sesampai di Kota Jambi mengganti plat merah menjadi plat hitam, digunakan untuk kepentingan pribadi atau keluarga, seolah-olah itu mobil milik pribadi mereka, tapi kok mereka tidak malu ya?”. Ungkapnya.

“Kami acungkan jempol untuk Dinas Perhubungan (Dishub) Tebo, yang telah memulai pemasangan merk untuk mobil dinas kadisnya, dan kami berharap kedepannya pak Bupati bisa menginstruksikan agar seluruh mobil dinas dilingkungan Pemkab Tebo diberi merk sesuai dengan dinas yang bersangkutan, hal ini mudah-mudahan bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyalahgunaan fasilitas Negara untuk kepentingan pribadi, dan kami yakin itu akan sangat efektif”. Pungkas Suardi. (her)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net