Headlines News :

Di Kerinci Merokok Sembarangan Kena Sanksi

MerdekaPost | Minggu, 10 Juli 2011

KERINCI - Perilaku merokok di sembarangan tempat, terutama dalam ruangan, khususnya di perkantoran dianggap sebagian orang sebagai prilaku yang tidak bagus, karena bisa mengganggu kenyamanan warga lainnya.

Pasalnya, perilaku buruk dari warga dengan merokok dalam ruangan berdampak buruk bagi kesehatan dan mengganggu warga lain, yang kebetulan berada pada ruangan atau lokasi yang sama, khususnya bagi kaum hawa dan inilah yang dinamakan perokok pasif, yaitu orang yang menghirup asap rokok dari orang lain.

Untuk mencegah hal tersebut, Pemkab Kerinci mengeluarkan berbagai bentuk peringatan kepada warga agar tidak menghisap rokok, mulai dari pemasangan baliho, hingga melakukan penyuluhan langsung ke masyarakat.

Di Kecamatan Sitinjau Laut, Kabupaten Kerinci, merokok di sembarangan tempat dilarang, apalagi pada saat pelaksanaan acara besar, yang mengambil lokasi dan bertempat dalam ruangan tertutup.

"Wanita seringkali menjadi korban, akibat dari perilaku kaum pria yang merokok sembarang, apalagi di ruangan tertutup. Wanita seringkali terganggu akan asap rokok dari pria, bahkan sakit karenanya, seperti batuk dan sebagainya. Karena itu merokok saat acara di dalam ruangan kita larang," ujar Camat Sitinjau Laut, Nasrul.

Menurutnya, kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan, untuk itu saat ini pemerintah Kecamatan Sitinjau Laut menetapkan sebuah peraturan, dalam bentuk sebuah larangan bagi warga untuk tidak merokok dalam ruangan, seperti dirumah, gedung serta mesjid.

Larangan tersebut telah mulai dilaksanakan dan diterapkan Sitinjau Laut sejak awal Juli 2011 ini. Tepatnya pada saat pelaksanaan acara peringatan Isra' Miraj Minggu (1/7). Yang bertempat di mesjid Desa Baru Semerah. Peraturan baru tersebut mendapat respon Positif dari warga.

"Peraturan yang baru kami buat ini, telah mulai kami laksanakan hari Minggu kemarin. Peraturan ini mendapat repon baik dari warga, buktinya dari jam 9 sampai selesai acara, tidak ada satupun yang warga yang merokok," jelasnya. (sk)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net