Headlines News :

AS Budianto Ketua Demokrat Kota Jambi

MerdekaPost | Selasa, 12 Juli 2011

Peluang Effendi Hatta di Pilwako Semakin Besar

Photo : AS Budianto menerima pataka dari utusan DPP Partai Demokrat, Jefri Hendrik. Ia terpilih secara aklamasi sebagai ketua DPC Demokrat Kota Jambi.

JAMBI – AS Budianto terpilih menjadi Ketua Umum DPC Partai Demokrat Kota Jambi. Bendahara Umum DPD Demokrat Provinsi Jambi ini terpilih secara aklamasi dalam Muscab yang digelar kemarin di Hotel Abadi. Pada Muscab ini, sebanyak 10 calon telah mendaftar menjadi calon ketua umum DPC.

Mereka diantaranya dr Bambang Priyanto (Walikota Jambi), Hendry Attan (pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi), Zainal Abidin (Ketua DPRD Kota Jambi/Wakil Ketua PDC Demokrat Kota Jambi, Mustamar (Sekretaris DPC Demokrat Kota Jambi), Horizon (Pengurus Demokrat Kota Jambi, Paul Nainggolan (Pengurus Demokrat Kota Jambi, dan AS Budianto (Pengurus DPD Demokrat Provinsi Jambi), dan Buyung Zulkifli (mantan Ketua Partai Matahari Bangsa).

Menurut sumber koran ini, dengan kemenangan AS Budianto ini, peluang bagi Effendi Hatta untuk diusung Demokrat dalam Pilwako Jambi semakin terbuka lebar. AS Budianto dikenal sangat dekat dengan Effendi Hatta. Kata sumber, pencalonan AS Budianto merupakan bagian strategi Effendi untuk mempermulus langkahnya agar diusung Demokrat di Pilwako.

Ketika dihubungi koran ini, Effendi Hatta tidak menjawab tegas apakah dirinya akan maju dalam Pilwako Jambi. Menurutnya, Demokrat telah memiliki mekanisme tersendiri untuk mengusung calon kepala daerah yang bakal diusung. “Kami akan melakukan survei. Kandidat berdasarkan hasil survei memiliki tingkat dukungan masyarakat paling tinggi, itulah yang bakal diusung Demokrat,” ujarnya, tadi malam. Jika dirinya meraih dukungan yang paling tinggi? Effendi Hatta enggan berkomentar. “Siapa pun jika hasil surveinya dia yang tertinggi, akan kita usung. Syaratnya, dia adalah kader Demokrat. Kalau Dokter Bambang Priyanto berdasarkan hasil survei meraih dukungan paling tinggi, akan kita usung,” jelasnya.

Sementara itu, AS Budianto menyatakan dirinya siap mengemban amanah untuk meneruskan panji-panji Partai Demokrat Kota Jambi lima tahun ke depan. Dijelaskannya, beban untuk kader Demokrat ke depan masih sangat berat, seperti harus tetap mempertahankan kemenangan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) pada tahun 2014 mendatang. Selain itu, dia juga berjanji untuk menempatkan kader Demokrat pada Pemilihan Walikota (Pilwako) Jambi pada tahun 2013 mendatang.

‘’Terima kasih seluruh kader Demokrat Kota Jambi yang telah mempercayakan saya untuk memimpin Partai Demokrat Kota Jambi lima tahun ke depan. Yakinlah, jika kita selalu kompak, maka beban yang berat akan bisa diselesaikan secara bersama-sama,’’ kata Budianto.

Ia menambahkan, dirinya siap merangkul para kandidat calon ketua yang gagal terpilih. ‘’Akan kita rangkul. Tapi untuk hal ini akan saya serahkan kepada tim formatur yang telah dipercaya membantu menyusun kepengurusan nanti,’’ tegasnya. Menurut Asril, SH, Koordinator Daerah (Korda) Partai Demokrat Kota Jambi, terpilihnya AS Budianto sebagai ketua melalui Musda tersebut dilakukan dengan sangat demokratis. Apalagi, terpilihnya secara aklamasi. ‘’Jika dilihat secara yuridis formal, saya kira sangat demokratis, sampai-sampai dipilih secara aklamasi,’’ kata Asril.

Bagaimana peluang Effendi Hatta maju untuk Cawako? Menurut anggota DPRD Provinsi Jambi Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Jambi ini, peluang Effendi Hatta tersebut memang sangat terbuka. Apalagi, komitmen ketua terpilih adalah mengutamakan atau memajukan kader sendiri pada Pilwako 2013 mendatang. ‘’Peluang sangat terbuka bagi semua kader Demokrat, apakah saya, apakah Effendi Hatta, semua berpeluang. Tapi semua itu pasti melalui mekanisme, apakah berdasarkan rangking, atau hasil survei,’’ cetus Asril.

Untuk Pilwako, sambung Asril, Partai Demokrat di parlemen Kota Jambi mendapat 10 kursi. Hal ini tentu mengangkat nama baik partai Demokrat dalam mengusung kadernya maju sebagai walikota Jambi. ‘’10 Kursi itu sangat signifikan untuk maju. Tapi siapa yang diusung nanti harus melalui mekanisme partai,’’ sambungnya.

Jefri Hendrik dari DPP Demokrat menyatakan harapannya agar ketua DPC Kota Jambi yang baru secepatnya menyusun kepengurusan dengan sesolid mungkin. Sebab, jika kepengurusan telah dibentuk, maka organisasi partai akan bergerak. ‘’Saya berharap secepatnya bentuk kepengurusan. Pengurus yang baru harus bisa jemput yang tertinggal dan bangun yang tidur,’’ kata Jefri. Dikatakan Jefri, keputusan untuk aklamasi berdasarkan hasil musyawarah mufakat dari peserta Muscab. Dengan cara itu kata Jefri sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan partai. "Boleh ada riak sebelum pemilihan, tapi pada saat proses, berjalan normal. Muscab kali ini peserta lebih memilih dengan cara yang lebih elegan, dimana semua bisa menerima dan semua terangkul," jelasnya.

Bambang Priyanto, kepada wartawan mengatakan, hasil Muscab ke II Partai Demokrat yang memilih AS Budianto diterimanya dengan lapang dada. Bahkan dia mengatakan, proses pemilihan berjalan secara demokratis. ‘’Kita berharap, yang dipercaya untuk memimpin partai ini dapat menjalankan organisasi partai dengan baik. Yakinlah yang solid dipastikan tidak akan pecah,’’ kata Bambang.

Dia menegaskan meskipun tidak terpilih, tapi tetap berada dalam partai Demokrat. ‘’Saya tetap di Demokrat. Apalagi selama ini saya dipercaya sebagai Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Demokrat Kota Jambi,’’ kata Bambang, usai pelaksanaan Muscab, kemarin.

Apakah berkeinginan untuk masuk kepengurusan, pria yang menjabat sebagai Walikota Jambi ini, menyerahkan sepenuhnya kepada ketua terpilih. ‘’Saya serahkan kepada mereka. Kalau selama ini, saya sebagai MPC, ke depan saya tidak tahu. Namun yang pasti saya tetap di Demokrat,’’ tegasnya.

Sebelum pelaksanaan Muscab, Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) mengatakan, pelaksanaan Muscab ke-II Partai Demokrat Kota Jambi ini merupakan barometer bagi pelaksanaan Muscab di daerah-daerah lain dalam provinsi Jambi. ‘’Selain itu, kita berharap, kader partai Demokrat Kota Jambi dapat mempertahankan kemenangan pada Pileg 2014 mendatang. Hal ini kita bebankan kepada kepengurusan partai Demokrat yang baru,’’ kata HBA. (ald)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net