Headlines News :

Yopi-Sapto Sorot Masalah Dugaan DPT Palsu dan Money Politic

MerdekaPost | Selasa, 21 Juni 2011

Pada Sidang Perdana di MK Besok

MUARA TEBO, MP – Sidang perdana gugatan pasangan Yopi-Sapto yang bakal digelar Rabu (22/6) besok dijadwalkan pada pukul 15.00 WIB. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Tim Koalisi Pemenangan Yopi-Sapto Syamsu Rizal, SE kepada wartawan sesaat setelah dilaksanakannya pelantikan pejabat Bupati Tebo Haviz Husaini di Aula Kantor Gubernur Jambi Senin (20/6) kemaren.

Dikatakan Iday, sapaan akrab untuk Syamsurizal, materi gugatan perkara dengan nomor 33/PHPU.D-IX/2011 yang diajukan oleh pasangan nomor urut tiga itu diantaranya mengenai permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemungutan suara ulang 5 Juni lalu.

“Salah satu materi gugatan kita adalah masalah DPT yang digunakan pada saat pemungutan suara ulang, dimana KPU sebagai pihak penyelenggara meminta kepada PPK dengan surat tertanggal 30 Mei 2011 agar menarik semua DPT yang beredar”.

Padahal, lanjut Iday, pada saat itu sudah sangat dekat waktunya dengan hari pemungutan suara, sehingga pemilihan 5 juni tidak menggunakan DPT semula yaitu pemilihan 10 Maret, makanya pada putaran kedua banyak warga yang sebelumnya mencoblos tidak dapat mencoblos lagi pada oleh karena tidak lagi masuk dalam DPT yang baru, kita menganggap pihak penyelenggara lalai dalam menjalankan tugasnya dan diduga sudah ada rekayasa (DPT palsu)” Ungkapnya.

“kita tahu sebelumnya MK telah menginstruksikan agar dalam pemungutan suara ulang tetap menggunakan DPT lama, yaitu DPT pemilihan 10 Maret, kita minta MK mampu atau tidak mempertahankan putusannya yang menyatakan bahwa DPT yang digunakan tetap DPT 10 Maret”. Ungka Politisi Demokrat yang juga Wakil Ketua DPRD Tebo itu.

Selain masalah DPT, pihak pemohon yaitu Pasangan Yopi-Sapto juga mempermasalahkan adanya money politic dan juga beberapa materi gugatan lainnya.

Menmgenai Pengacara atau kuasa Hukum pasangan Yopi-Sapto, kali ini pihaknya sudah menyiapkan Sembilan orang pengacara yang di ketuai oleh Denny Kalimang. “Insya Allah untuk persiapan sudah kita lakukan, selain pengacara, kita juga sudah menginventarisir semua permasalahan termasuk barang bukti serta saksi-saksinya”. Tegasnya.

Ditempat terpisah, Subirman, SE selaku anggota KPU Tebo membenarkan bahwa siding gugatan Yopi-Sapto di MK bakal segera dimulai pada Rabu mendatang. “ya, siding dimuali Rabu mendatang”. Ungkapnya singkat.

Mengenai materi gugatan dia mengaku belum tahu secara detail, “ Untuk materi gugatan saya belum tahu betul, kita sudah serahkan semua kepada kuasa hokum kita (KPU-red) maiful Effendi, SH dan rekannya”. Pungkas Subirman.

Dilain sisi, pihak Suka-Hamdi yang dalam perkara gugatan kali ini sebagai pihak terkait, melalui Media Center Suka – Hamdi, M. Chudori mengaku bahwa pihaknya tetap tenang-tenang saja menghadapi gugatan lawannya, dan saat ini dikarenakan pihaknya sebagai terkait, maka belum begitu sibuk menyiapkan saksi-saksi, namun, untuk persiapan menghadapi gugatan kita malah sudah siap dari awal.

Sebab, menurutnya, jika yang dipermasalahkan oleh Yopi-Sapto mengenai DPT, maka akmi sampaikan bahwa yang semula mempermasalahkan mengenai DPT adalah Tim Suka-Hamdi melalui RTM (Rakyat Tebo Menggugat), kita sudah beberapa kali melakukan aksi di KPU Tebo meminta agar masalah DPT segera diselesaikan. Dan pada saat itu pihak lain tidak ada yang ribut dan terkesan tidak mempermasalahkannya, nah, begitu selesai pemungutan suara ulang kok malah terbalik, mereka yang mempermasalahkannya.

Namun, lanjut Chudori, terlepas dari itu semua, pihak Suka-Hamdi menghormati Yopi-Sapto yang membawa masalah Pilkada ulang Tebo ini ke MK. (joe)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net