Headlines News :

Yopi Diprediksi Sulit Menang di MK

MerdekaPost | Sabtu, 18 Juni 2011

Chudori : Kami Justru Kantongi Banyak Bukti Kecurangan Yopi-Sapto

MUARA TEBO, MR - Pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (cawabup) Tebo nomor urut 3 (tiga) Yopi Muthalib-Sri Sapto Eddy (Yopi-Sapto) secara resmi mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, beberapa pihak menyebutkan sangat kecil kemungkinan gugatannya dikabulkan.

Menurut Sayuti Una, pengamat politik Jambi, dalam persidangan persengketaan hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), ada beberapa hal yang akan dipertimbangkan oleh majelis hakim, di antaranya ada pertimbangan hukum dan manfaat.

Dalam perhelatan Pemilukada, sudah pasti ada kesalahan-kesalahan jika dilihat dari sisi hukumnya. Namun, jangan lupa, seperti banyak dana yang dikuras dalam mengikuti proses Pemilukada. “Kesalahan itu pasti ada, seperti mengeluarkan dana untuk Pemilukada, dan lain-lainnya. Kemudian majelis hakim di MK itu pun akan melihat manfaatnya. Misalnya, jika dikabulkan akan banyak menghabiskan anggaran Negara”. kata Sayuti.

Oleh karena itu, dosen IAIN STS Jambi ini menilai sulit gugatan pasangan Yopi-Sapto akan dikabulkan oleh MK. ‘’Kalau menurut saya kecil kemungkinan untuk pasangan Yopi-Sapto menang di MK. Sebab, pasangan Sukandar-Hamdi (Suka-Hamdi) tidak dikenakan adanya pelanggaran terstruktur dan masif. Terkecuali pasangan Yopi-Sapto, pada persidangan sebelumnya dinyatakan terbukti oleh MK. Seperti adanya keterlibatan Gubernur Jambi dan keterlibatan Bupati Tebo”. sebutnya.

Bagaimana dengan putusan ulang pada beberapa kecamatan? Menurut Sayuti Una, pengulangan tersebut juga ada pertimbangan, salah satunya jumlah mata pilih di beberapa daerah yang bermasalah. “Kalau suara di tempat-tempat yang dinyatakan bermasalah tidak mempengaruhi suara yang dimenangkan oleh pasangan yang menang, maka juga tidak dikabulkan”. tukasnya.

Untuk diketahui, pada Pemilukada Tebo pertama (10 Maret) lalu, pasangan Yopi-Sapto berhasil mengalahkan pasangan lainnya. Namun, MK mengabulkan permohonan gugatan pasangan nomor urut 1 Suka-Hamdi yang menuding kemenangan pasangan nomor urut 3 tersebut terdapat adanya pelanggaran terstruktur, sistematis dan massif. Kemudian pada pemungutan suara ulang yang digelar pada hari Minggu tanggal 5 Juni lalu, pasangan Suka-Hamdi membuktikan kemenangannya.

Sementara itu, Direktur Media Centre Suka-Hamdi, M. Chudori menyatakan bahwa pihaknya sangat menghormati pasangan Yopi-Sapto yang mengajukan gugatan ke MK. Namun, dirinya yakin Yopi akan kesulitan membuktikan kecurangan yang dilakukan Suka-Hamdi.

“Justru kami saat ini banyak mengantongi bukti kecurangan yang dilakukan oleh tim Yopi-Sapto,” ujarnya, tadi malam. Ditanya apakah Tim Suka-Hamdi melakukan persiapan khusus untuk menghadapi gugatan ini, Khudori menyatakan tidak ada persiapan. “Yang jelas kita sudah mempunyai tim advokasi yang sudah siap menghadapi gugatan ini,” ujarnya.

Perlu diketahui, Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (HBA) yang juga saat ini menjabat Gubernur Jambi meminta agar pasangan Yopi-Sapto legowo menerima kekalahan pada pemungutan suara ulang, 5 Juni lalu. Ia juga meminta agar pasangan yang diusung Demokrat, PDIP, dan sejumlah partai lainnya ini tidak mengajukan gugatan ke MK. (her)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net