Headlines News :

E-KTP Berlaku di Jambi Akhir 2011

MerdekaPost | Rabu, 29 Juni 2011

JAMBI - Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jambi sudah menyiapkan peralatan untuk melaksanakan sistem kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). E-KTP dinilai memiliki banyak kelebihan dibandingkan KTP biasa. Di antaranya akan mempermudah pendataan penduduk, baik saat pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah sekaligus bisa membantu proses sensus penduduk.

Kepala Disdukcapil Kota Jambi Obliyani mengatakan, proses penerapan sistem E-KTP di Kota Jambi saat ini dalam tahap persiapan. Sistem tersebut rencananya akan mulai diberlakukan akhir 2011 atau paling lambat awal 2012.

"Anggarannya tengah dibahas di DPRD melalui pengajuan APBD Perubahan," ujarnya.

Ia menyatakan akan ada beberapa keuntungan dengan penerapan E-KTP tersebut, yaitu prosesnya yang mudah dan cepat dibanding pembuatan KTP biasa. Dengan penggunaan E-KTP akan mencegah daftar pemilih ganda maupun tidak terdaftar yang sering terjadi di setiap Pemilu dan Pilkada.

Dari beberapa Pemilu yang telah dilakukan, baik di tingkat daerah maupun secara nasional faktanya memang banyak pemilih ganda. Munculnya pemilih ganda di setiap Pemilu itulah yang menjadi problem besar akibatnya banyak dampak yang dirugikan.

"Masalah ini juga menjadi dasar kajian di tingkat nasional, untuk itulah diluncurkan program E-KTP," jelasnya.

Dengan diberlakukannya sistem E-KTP, mulai saat itu daftar para penduduk maupun pemilih terus diperbaharui setiap hari, sebab setiap ada pembuatan KTP langsung terakses secara on line ke instansi terkait yakni Dukcapil mulai dari kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat pusat.

Selain pemilih ganda, dengan penerapan E-KTP diperkirakan juga akan memperkecil jumlah pemilih yang tidak terdaftar pada Pemilu. "Banyak manfaat akan E-KTP, bagi kebutuhan sensus penduduk bisa diakses langsung secara on line dan penggunaan KTP ganda yang sering terjadi selama ini juga bisa dihindari," tambah Obliyani. (her)

Posting Komentar

 
Dipublikasikan oleh : CV. BANIO SAKTI Portal Web Merdekapost.net | Berani, Agresif, Aspiratif
Copyright © 2011. |Merdekapost.net |MERDEKAPOST.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Merdekapost.net